Kamis, 29 Maret 2012

PROSES KOMUNIKASI

TARGET PEMASAR MR.MOM: AYAH Abad 21

Selama 20 tahun terakhir, rumah tangga telah mengalami pergeseran peran gender. Konsep tradisional tentang peran laki-laki dan perempuan berubah untuk mencerminkan norma-norma sosial saat ini. Tidak ada lagi penggambaran dari tahun 1950 bahwa ibu membuat kue dan menunggu anak-anak pulang, melainkan telah menjadi lebih mirip dengan Mr.Mom. Pemasar selalu ditargetkan ibu, atau perempuan pada umumnya, untuk produk rumah tangga.
Nielsen Data menunjukkan bahwa meskipun perempuan masih mendominasi belanja, jumlahnya sudah menurun sedangkan pangsa pria belanja ritel telah meningkat, terutama di klub gudang dan toko bahan makanan. Andrea Learned dan Carolyn Hadlock, co-author dari Don’t Think Pink: What Really Makes Women Buy and How to Increase Your Share of This Crucial Market dan para direktur utama dan kreatif dari lembaga Young & Laramore, masing-masing, memperhatikan bahwa pemasar harus mempertimbangkan orang baru yaitu orang tua-Ayah-bukan berfokus pada ibu sebagai simbol orangtua.
Kelompok ibu baik mengkritik atau mengasingkan ayah, begitu banyak sehingga mereka sudah mulai kelompok mereka sendiri. Bahkan pemasaran / periklanan berupaya menggambarkan orang-orang ini sebagai kikuk jenis yang membutuhkan pengajaran dalam mengganti popok.
Salah satu perusahaan yang telah mulai membidik ayah adalah Procter & Gamble dengan merek Pampersnya. Pada 17 Juni 2010 merek tuan rumah " Daddy Play Date " di Manhattan dengan ayah selebriti seperti Joel Madden dan aktor Gilles Marini. Pampers juga memiliki New Orleans Saints quarterback Drew Bee membuang pitch pertama di pertandingan Yankee-Mets mengenakan Pampers kaos.
Namun, perusahaan masih berjuang untuk membelok dari ibu-sentris pemasarannya. Kemasan yang masih diarahkan pada ibu yang menampilkan mereka dengan bayi, bukan ayah.
Meskipun 20 tahun dalam pembuatan, ayah telah menjadi target pasar baru, dan pemasar mencoba menjangkau mereka karena hal tersebut memang ada. Pemasar sekarang meningkat untuk mendaftar profil ayah seperti Drew Bee untuk berbicara dengan ayah lainnya. Blogger RebelDad, Brain Reid, mencatat bahwa ini menunjukkan pemasar tidak lagi mengabaikan segmen ayah, dan bahwa itu adalah perubahan yang menyenangkan, diakui dan berbicara dengan-tidak berbicara melalui, berbicara ke, atau diabaikan.

Fungsi dari semua elemen program komunikasi pemasaran terpadu adalah untuk berkomunikasi. IMC strategi diimplementasikan melalui berbagai komunikasi yang dikirimkan ke pelanggan saat ini atau calon serta publik lain yang relevan. Organisasi mengirim komunikasi dan pesan dalam berbagai cara, seperti melalui iklan, nama merek, logo dan sistem grafis, website, siaran pers, desain kemasan, promosi, dan gambar visual. Seperti dijelaskan dalam bab pembuka, lanskap konsumen berubah dan perusahaan harus beradaptasi untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan pemasaran mereka; mengabaikan untuk melakukannya dapat mengasingkan target pasar penting dan merusak merek.
Cara pemasar berkomunikasi dengan khalayak target mereka tergantung pada banyak faktor, termasuk berapa banyak saat ini dan / atau pelanggan potensial tahu dan apa yang mereka pikirkan tentang perusahaan atau merek dan gambar itu berharap untuk menciptakan. Mereka yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan program IMC perlu memahami proses komunikasi dan apa artinya dalam hal bagaimana mereka menciptakan, menyampaikan, mengelola, dan mengevaluasi pesan tentang perusahaan atau merek. Mengembangkan pemasaran program komunikasi yang efektif adalah jauh lebih rumit dari sekedar memilih fitur produk atau penekanan atribut. Pemasar harus memahami bagaimana konsumen akan memahami dan menafsirkan pesan mereka dan bagaimana reaksi-reaksi ini akan membentuk respon konsumen terhadap perusahaan dan / atau produk atau jasa. Dan sebagai penggunaan media sosial yang semakin penting, adalah penting bahwa pemasar memahami bagaimana konsumen berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi dan bahkan mempengaruhi percakapan ini.

SIFAT KOMUNIKASI
Komunikasi telah banyak didefinisikan sebagai pertukaran informasi, pertukaran ide, atau proses pembentukan keawaman atau kesatuan pemikiran antara pengirim dan penerima. Definisi menunjukkan bahwa komunikasi terjadi, harus ada beberapa pemikiran yang sama antara dua pihak dan informasi harus melewati dari satu orang ke orang lain (atau dari satu kelompok ke kelompok lain).
Proses komunikasi sangat kompleks. Kesuksesan tergantung pada faktor-faktor seperti sifat pesan, interpretasi penonton , dan lingkungan di mana ia diterima. Persepsi penerima dari sumber dan media yang digunakan untuk mengirimkan pesan juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk berkomunikasi, seperti halnya faktor lainnya. Kata-kata, gambar, suara, dan warna dapat memiliki arti yang berbeda untuk audiens yang berbeda, dan persepsi masyarakat dan interpretasi dari mereka bervariasi.
Bahasa adalah salah satu hambatan utama untuk komunikasi yang efektif, karena ada bahasa yang berbeda di berbagai negara, bahasa dan dialek dalam satu negara, dan masalah yang lebih halus nuansa bahasa dan vernakular. Ini akan sangat menantang untuk perusahaan dalam memasarkan produknya di luar negeri.

MODEL DASAR KOMUNIKASI
Selama bertahun-tahun, model dasar dari berbagai unsur dari proses komunikasi telah berevolusi. Dua elemen mewakili peserta utama dalam proses komunikasi, pengirim dan penerima. Dua lainnya adalah alat komunikasi utama, pesan dan saluran. Empat lainnya adalah komunikasi utama fungsi dan proses: encoding, decoding, respon, dan umpan balik. Elemen terakhir, kebisingan, mengacu pada faktor-faktor luar dalam sistem yang dapat mengganggu proses dan kerja terhadap komunikasi yang efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar